Jumat, 16 September 2011

MULTIPROGRAMING


Definisi:
Multiprogramming komputer adalah alokasi sumber daya sistem komputer dan untuk lebih dari satu pekerjaan bersamaan, aplikasi atau pengguna ("Program" dalam nomenklatur).

Multiprograming merupakan suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer. Sebagai contoh,dalam satu waktu sebuah program sedang menggunakan CPU, sedangkan program yang lain menggunakan printer. Teknologi ini dicari agar dapat mengoptimalkan penggunaan sistem komputer, karena waktu dan sumber daya pemrosesan sering terbuang ketika menunggu pekerjaan satu interaksi manusia atau data lain input atau output operasi.





Kegunaan :
Awalnya, teknologi ini berusaha untuk mengoptimalkan penggunaan sistem komputer, karena waktu dan sumber daya pengolahan sering terbuang ketika satu pekerjaan menunggu untuk interaksi manusia atau data lainnya operasi input / output.
Multiprogramming tidak melakukan pemrosesan instruksi-instruksi dan beberapa program secara bersamaan waktu, tetapi memproses sebagian instruksi dari suatu program, kemudian berpindah memproses sebagian instruksi yang lainnya lagi dan program yang lain dan seterusnya. Tugas dari OS untuk menangani perpindahan (switch) pemrosesan dari satu program ke program yang lainnya.
Cara Kerja :
Multiprogramming berarti meletakkan lebih dari sebuah program di main memory. Cara ini dilakukan dengan membagi main memory menjadi beberapa partisi. Tiap partisi akan menyimpan sebuah program. Foreground partitions akan berisi program dengan prioritas yang lebih tinggi sedang background partitions akan berisi program dengan prioritas yang lebih rendah.
Meskipun setiap proses merupakan Entitiy yang berdiri sendiri, dan masing-masing memiliki program Counter dan status internal, beberapa proses sering kali harus berinteraksi dengan proses yang lain. Keluaran dari suatu proses dapat menjadi masukan bagi proses yang lain. Jika proses yang sedang menunggu masukan tidak menemukan masukan yang dikehendaki, proses tersebut diblok sampai masukan tersedia.
Pada saat proses diblok, secara logika proses tersebut tidak dapat dilanjutkan karena menuggu masukan yang belum tersedia. Dapat terjadi bahwa proses yang Ready dan dapat di-run terpaksa harus dihentikan karena sistem operasi arus mengalokasikan CPU ke proses lain untuk sementara waktu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | hostgator reviews